Mulai Disini

Imbalan kerja dapat dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan kapan imbalan tersebut diterima oleh anda saat bekerja di sebuah perusahaan.

Imbalan Kerja Jangka Pendek, yaitu imbalan yang anda terima dimana jatuh tempo dari imbalan tersebut kurang dari 12 bulan. Misalkan gaji bulanan, tunjangan BPJS, cuti tahunan, bonus dan lain-lain. Artikel -artikel yang berkategori imbalan jangka pendek ini dapat anda baca di menu kategori imbalan kerja jangka pendek.

Imbalan Kerja Jangka Panjang, yaitu imbalan yang anda terima, dimana jatuh temponya lebih dari 12 bulan. Imbalan yang biasanya masuk dalam kategori ini adalah:

Cuti Panjang atau Cuti Besar; yaitu imbalan yang anda terima berupa hari cuti dan biasanya juga tunjangan cuti berupa sekian kali gaji sebulan, setelah anda menjalani masa kerja kelipatan tertentu, biasanya kelipatan masa kerja 6 tahun.

Penghargaan Masa Kerja, misalkan berupa emas, sejumlah uang dan sejumlah kali gaji anda. Imbalan ini biasanya diterima setiap kelipatan masa kerja 5 tahun. Yaitu saat masa kerja 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan seterusnya.

Artikel -artikel yang berkategori imbalan jangka pendek ini dapat anda baca di menu kategori imbalan jangka panjang.

Imbalan Pascakerja: yaitu imbalan yang anda terima saat anda sudah tidak aktif lagi bekerja, atau imbalan yang anda terima saat ada keluar dari perusahaan tempat anda bekerja. Imbalan yang anda terima disesuaikan dengan alasan anda keluar dari perusahaan, apakah anda mengundurkan diri secara sukarela, apakah karena memasuki usia pensiun, apakah anda di terminasi oleh perusahaan anda dan alasan-alasan lain nya yang mungkin ada.

Artikel -artikel yang berkategori imbalan pascakerja ini dapat anda baca di menu kategori imbalan pascakerja.