Mengenal Jenis Tunjangan yang Membuat Karyawan Bersyukur atau Mungkin Termotivasi

Photo by Christian Dubovan on Unsplash

Begitu banyak jenis tunjangan yang ada di perusahaan – perusahaan Indonesia. Sampai-sampai kita tidak tahu harus bersikap apa setelah mengetahui jenis tunjangan tersebut. Bersyukur atau termotivasi.

Dapat saja Anda bersyukur, karena di tempat Anda bekerja sekarang terdapat jenis-jenis tunjangan akan saya sebutkan. Belum tentu di tempat orang lain bekerja ada jenis tunjangan tersebut.

Jika di tempat bekerja Anda sekarang tidak ada jenis-jenis tunjangan tersebut, mungkin Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih giat sehingga menjadi karyawan idaman dan berkesempatan untuk mendapatkan tunjangan yang belum didapatkan.

Tunjangan: Sisi Nilai dan Sisi Waktu

Tunjangan merupakan segala imbalan kerja yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang dapat bersifat tetap atau tidak tetap nilainya, dimana nilai tersebut dapat berbentuk uang atau bentuk lainnya, yang diberikan dalam periode waktu tertentu.

Tunjangan dapat dilihat berdasarkan nilainya dan waktu penerimaannya. Baik dari sisi nilai dan waktu penerimaan, nama tunjangan mengartikan tujuan pemberian dari tunjangan tersebut kepada pekerja.

Misalkan Tunjangan Jabatan/Golongan, artinya tunjangan ini diberikan kepada pekerja yang memiliki jabatan/golongan tertentu di satu perusahaan, biasanya tunjangan jabatan ini diberikan dalam bentuk uang yang diberikan setiap bulan bersamaan dengan gaji pokok.

Sisi Nilai

Berdasarkan nilainya, tunjangan dapat dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Tunjangan Tetap
  2. Tunjangan Tidak Tetap

Praktek secara umum, sisi nilai dari tunjangan ini diberikan bersamaan dengan pemberian upah bulanan. Jadi, misalkan seorang pekerja yang berhak atas tunjangan tetap, maka jumlah upah sebulan yang dia dapatkan nilainya tetap, yang terdiri dari gaji pokok dan tunjangan tetap.

Baca Juga   4 Perbedaan Mendasar Antara Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Pekerja lain yang berhak atas tunjangan tidak tetap, dapat saja setiap bulannya menerima upah yang tidak tetap, misalkan karena ada tunjangan lembur di bulan berjalan yang nilainya berbeda dengan tunjangan lembur dari bulan sebelumnya.

Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap merupakan imbalan yang didapatkan pekerja diluar gaji pokok sebulan dimana nilainya tetap dan tidak dipengaruhi oleh kehadiran pekerja dalam satu bulan berjalan.

Contoh dari jenis tunjangan tetap ini adalah:

  • Tunjangan Jabatan/Golongan
  • Tunjangan Masa Kerja
  • Tunjangan Keahlian/Keterampilan
  • Tunjangan Bahasa
  • Tunjangan Keluarga
  • Tunjangan Komunikasi
  • Tunjangan Perumahan
  • Tunjangan Lokasi Kerja
  • Tunjangan Intepreter
  • Tunjangan Bagian

Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan tidak tetap merupakan imbalan yang didapatkan pekerja diluar gaji pokok sebulan dimana nilainya tidak tetap dan dipengaruhi oleh kehadiran pekerja dalam satu bulan berjalan

Contoh dari jenis tunjangan tidak tetap:

  • Tunjangan Transportasi
  • Tunjangan Kehadiran
  • Tunjangan Shift
  • Tunjangan Lembur
  • Tunjangan Makan

Perlakuan pengelompokkan tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap di satu perusahaan dengan perusahaan lain kadang berbeda. Dapat saja tunjangan transportasi di perusahaan A merupakan tunjangan tetap, namun di perusahaan B diperlakukan sebagai tunjangan tidak tetap.

Untuk memastikan jenis-jenis tunjangan yang ada di perusahaan Anda merupakan tunjangan tetap atau tunjangan tidak tetap. Silakan membaca peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama yang masih berlaku.

Baca Juga   Bekerja di Bagian Keuangan, Akuntansi, atau HRD? Ketahuilah 3 Fakta tentang Imbalan Kerja sesuai PSAK-24.

Sisi Waktu

Jika sebelumnya dilihat dari nilai, ada jenis-jenis tunjangan yang diterima oleh karyawan berdasarkan waktu penerimaannya. Berdasarkan waktu penerimaannya, tunjangan dapat dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Tunjangan yang diterima setiap bulan
  2. Tunjangan yang diterima setiap tahun

Tunjangan yang diterima setiap bulan merupakan tunjangan yang diberikan bersama dengan gaji bulanan. Contoh dari tunjangan ini adalah seperti yang telah disampaikan diatas, yaitu berupa tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Selain tunjangan yang diterima setiap bulan, ada tunjangan yang diterima setiap tahun oleh karyawan. Biasanya nilai dari tunjangan ini sebesar sekian kali dari gaji pokok dan atau tunjangan tetap yang diterima setiap bulan oleh karyawan.

Misalkan diberikan sebanyak 1 kali gaji pokok sebulan. Atau misalkan diberikan sebanyak 2 x upah (gaji pokok ditambah tunjangan tetap) sebulan.

Waktu penerimaan tunjangan ini diatur tersendiri di peraturan perusahaan yang disesuaikan dengan tujuan dari pemberian tunjangan ini. Misalkan untuk tunjangan Ajaran Baru/Sekolah Anak, biasanya diberikan di sekitar bulan Juni atau Juli saat waktu ajaran baru sekolah dimulai.

Contoh tunjangan tersebut adalah.

  • Tunjangan Ajaran Baru/Sekolah Anak
  • Tunjangan Seragam
  • Tunjangan Cuti Tahunan
  • Tunjangan Hari Raya (THR)

Print Friendly, PDF & Email